Jumat, 21 November 2008

SEJARAH TAMAN PENDIDIKAN KANJENG SEPUH

expr:id='"post-" + data:post.id'>

Sebelum berdirinya TPKS, sekitar tahun 66-an di Sidayu telah berdiri Madrasah Tsanawiyah, sebagai satu-satunya madrasah milik umat Islam Sidayu, keberadaan madrasah tersebut merupakan kebanggaan umat Islam dan sekitarnya. Akan tetapi tidak bertahan lama.

Hal ini disebabkan para pengurus serta pengasuhnya berfaham (NU-Muhammadiyah), saling berusaha memasukkan fahamnya masing-masing pada siswa.
Maka pada tanggal 2 Januari 1967, Taman Pendidikan Kanjeng Sepuh, berdiri. Pada mulanya mengelola satu jenjang pendidikan yaitu : Madrasah Tsanawiyah NU dengan masa pendidikan 4 tahun. Pada tahun 1970, untuk pertama kalinya mengikuti Ujian Negara (PGAN 4 th)
Untuk menyelesaikan pandidikan yang ada pada masa itu, maka pada tahun 1970 Tsanawiyah NU dirubah menjadi Madrasah Muallimin-Muallimat NU, dan sekaligus disempurnakan pendidikannya menjadi 6 tahun.
Sebagai akses pemilu 1971, maka Madrasah Muallimin-Muallimat Kanjeng Sepuh, dengan masa pendidikan 6 tahun.
Sejak disempurnakannya masa pendidikan dari 4 tahun menjadi 6 tahun, maka TPKS berarti mengelola dua jenjang pendidikan yaitu :
1. Muallimin-Muallimat 4 tahun, sederajat dengan PGA 4 tahun
2. Muallimin-Muallimat 4 tahun, sederajat dengan PGAN
Dari uraian tersebut diatas, dapat dilihat bahwa TPKS pada mulanya adalah sekolah keguruan. Kemudian dengan adanya peraturan pemerintah yang memperkecil sekolah keguruan dan denga diundangkannya SKB tiga menteri serat ditetapkannya kurikulum Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah 1975, maka muallimin-Muallimat Kanjeng Sepuh merubah sifatnya dari sekolah keguruan menjadi umum, dengan tetap mengelola 2 jenjang pendidikan yaitu : Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang berlangsung sampai saat sekarang.
Kemudian TPKS mengembangkan sayapnya. Pada tahun 1978 mulai mengelola TK (RA. Kanjeng Sepuh). Dan pada tahun 1987, mulai mengelola SMA Kanjeng Sepuh.

6 komentar:

  1. Saya Alumni MTS Kanjeng Sepuh dan juga alumni MA Kanjeng Sepuh.saya sekarnag kul di yogyakarta dan juga kerja sambilan,saya senang sekali waktu sekolah di sana karna banyak pelajaran agama yang saya dapat dan dapat saya manfaatkan sampai sekarang tapi sekarang saya kuliyah tidak mendapatkan pelajaran agama sama sekali,dan bukan hanya pelajaran agama saja pelajaran yang lain juga ada tapi kalau pelajaran umum di semuan sekolah pasti sudah ada tetapi untuk pelajaran agamanya kan tidak semua sekolah di ajarkan.makasih atas semua yang telah di berikan oleh bapak atau ibu Guru yang selama ini mengajar kepada siswa-siswinya dan tidak mengenal lela sama sekali,dan saya mohon maaf banget pada Almh.Ibu Sholikhah....saya perna menyakiti hatinya pas waktu dia mengajar pelajaran sampai dia menangis..saya mohon maaf banget sama beliau walau kita tidak dapat berjumpa lagi tapi saya mohon maaf banget sama beliau,,,saya doakan kepada semua Guru-guru saya yang saya sayangi saya mohon maaf baget atas semua kesal;ahan saya baik yang sengaja saya lakukan ataupun tidak sengaja,

    BalasHapus
  2. saya,alumni mts kanjeng sepuh.
    saya berharap ada peningkatan mutu dari sekolahan yg saya cintai itu.waktu saya sekolah dulu jujur klo saya akui bahwa masih banyak tenaga pengajar yang perlu untuk belajar menjadi tenaga pengajar yg baik.

    apalagi sma kanjeng sepuh yg duku dikenal siswanya yg suka membolos,hal itu bukan hanya terjadi pada siswanya saja tetapi sudaj merebak ke dewan guru.

    masa-masa yg paling menyenangkan adalah masa-masa mts.Dulu waktu gue masih kelas 2 rasanya sekolah begitu menyenangkan banget,apalagi waktu menjadi anggota osis. Meskipun kami dilanrang untuk bermalam disekolahan tapi kami tetep membandel.

    oh ya....
    usulan buat dewan guru yang gue hormati:
    # klo bisa waktu mengajar/dalam linkup sekolahan jangan membeda-bedakan antara murid satu dengan murid yg lainnya.hal ini sudah menjadi sorotan banyak pihak dan sudah menjadi pertimbangan orang tua/wali murid untuk berpikir 2kali untuk menyekolahkan putra-putri mereka.
    # bersihkan guru dari hal yang bersifat komersial,misalnya dulu saya se,pat tidak bisa mengikuti ujian nasional hanya karena belum membayar buku yang dijual oleh salah satu guru.
    # jadi sebelum menata akhlak siswanya hendaknya akhlak guru juga diperhatikan,klo ada guru yg ngajarnya setengah-setengah atau tidak mengusai materi mending direvisi saja. Dari pada menjadi aib bagi kanjeng sepuh.

    sekian komentar saya..

    apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf.

    BalasHapus
  3. buat aluni TPKS Sidayu gresik maupun Guru-guru, mari bersilaturrahmi di

    AlumniKanjengSepuhSidayuGresik@yahoogroups.com

    Milis ini tercipta dengan tujuan memberikan sumbangsi bersama demiki kemajuan lembaga yang kita cintai.
    shokhiyan (alumni smu97)

    BalasHapus
  4. DIZZY-CONFUSED OR PANIC WHEN OUT OF THE PRINTER IS ALWAYS VERY PROBLEM WE NEED, DO NOT WORRY "SOLUTION PRINT" SOLUTION TO TRY EASY TO LEARN AND NOT TESTED is worth TRY FOR YOURSELF. GOOD LUCK ALWAYS ... AND DO NOT BE AFRAID TO TRY

    [{PUSING-BINGUNG ATAU PANIK KARENA PRINTER SELALU BERMASALAH KETIKA SANGAT KITA BUTUHKAN, JANGAN KHAWATIR "PRINT SOLUTION" MENCOBA MEMBERI SOLUSI YANG MUDAH UNTUK DIPELAJARI DAN TIDAK ADA SALAHNYA BILA DIUJI COBA SENDIRI. SEMOGA SUKSES SELALU...DAN JANGAN TAKUT UNTUK MENCOBA }]

    BalasHapus
  5. assalm.....kpan mw ngadain reunian ney...

    BalasHapus
  6. assalm...wuuuuiiiiih...schl'a skrg jauuuh bngtt sma yf dlu...mntaap ane alumni 1994..kpan ney mw ngadain reunian...adjie

    BalasHapus


KEPALA MTs. KANJENG SEPUH SIDAYU